INVESTIGATING THE EXPLOITATION OF WEB 2.0 FOR KNOWLEDGE MANAGEMENT IN THE GREEK TOURISM INDUSTRY AN UTILISATION–IMPORTANCE ANALYSIS
Makalah ini berisi mengenai penelitian pada peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan khususnya web 2.0 dalam mendukung proses Knowledge Management (KM). Dalam Tinjauan literatur menganalisis bagaimana web 2.0 mentransformasi penerapan KM dengan mendukung proses KM secara verbal dan kolaboratif yang pada akhirnya akan mengubah pendekatan KM dari yang tadinya berfokus kepada teknologi, menjadi berfokus pada manusia (user). Pembahasan juga menjelaskan bagaimana menggunakan berbagai cara untuk mengeksploitasi web 2.0 dan mencerminkan berbagai tingkat penggunaan teknologi yang didukung pada penerapan KM. Studi ini juga meneiliti jenis dan tingkat eksploitasi web 2.0 untuk tujuan KM di industri pariwisata Yunani dengan mengumpulkan data empiris dari para profesional pariwisata. Data kemudian dianalisis dengan melakukan analisis menurut tingkat kepentingan dari pemanfaatan yang didapatkan dari membandingkan data pengukuran pemanfaatan sebenarnya dari web 2.0 dengan mempertimbangkan tingkat kepentingan pemanfaatan web 2.0 untuk tujuan KM. Analisis ini kemudian mengidentifikasi beberapa kesenjangan dan peluang sehubungan dengan eksploitasi web 2.0 untuk tujuan KM.
Secara keseluruhan, hasil dari penelitian mengungkapkan tingkat eksploitasi web 2.0 yang rendah untuk praktik KM, karena responden cenderung menggunakan web 2.0 terutama untuk proses KM internal seperti mencari, menyimpan dan mengumpulkan informasi daripada proses KM eksternal seperti berbagi, mendiskusikan dan menciptakan pengetahuan dengan lainnya Temuan ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas responden mengeksploitasi web 2.0 untuk mengelola informasi yang bersifat eksternal daripada internal perusahaan, sehingga mereka kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan web 2.0 untuk memperkaya praktik yang berkaitan dengan pembelajaran organisasi dan ikatan sosial internal.
sumber: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0747563213001891
sumber: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0747563213001891
Comments
Post a Comment