Paper ini menjelaskan mengenai salah satu peraturan yang paling berguna dalam kaitannya dengan manajer dan pelanggan yang dikenal sebagai "CRM". "CRM" adalah akronim yang terdiri dari tiga kata utama yaitu, "PELANGGAN", "HUBUNGAN" & "MANAJEMEN”. "CRM" mencakup semua aspek pertukaran yang terjadi antara organisasi dengan pelanggan yang membuat keseluruhan elemen dalam sebuah organisasi relevan, yang berhubungan dengan Pelanggan. CRM sebagai sebuah sistem yang menganalisis bagaimana sebuah organisasi bekerja dengan pelanggannya, memecahkan masalah pelanggan, mendorong pelanggan untuk membeli produk dan layanan sebuah organisasi, serta pertukaran nilai finansial yang terjadi, dalam hal ini kegiatan jual beli (Kangingham)
Adapun software yang berhubungan langsung dengan pelanggan yaitu: otomatisasi tenaga penjualan, otomasi pemasaran bisnis, dan software dukungan pelanggan. Dalam menghadapi operasional CRM, seseorang dapat menggabungkannya dengan urusan keuangan dan sumber daya manusia. Hal inilah yang sedang dilakukan oleh software Enterprise Resource Planning seperti PeopleSoft dan SAP. Kelengkapan data dapat bermanfaat karena salah satu alasan mengapa banyak proyek CRM gagal adalah ketidakmampuan mereka untuk menggabungkan diri dengan sistem sebelumnya.
Source: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2212017312001247
Source: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2212017312001247
Comments
Post a Comment